Peringatan Hari Korpri Pemkot Cimahi, Momen Meneguhkan Netralitas Dan Profesionalisme Pelayanan Publik

Peringatan Hari Korpri Pemkot Cimahi, Momen Meneguhkan Netralitas Dan Profesionalisme Pelayanan Publik

CIMAHI.- Pemerintah Kota Cimahi menggelar peringatan Hari Korpri ke-52 Tahun 2023 di Lapangan Apel Kompleks  Pemkot Cimahi Jalan Raden Demang Hardjakusumah Kota Cimahi, Rabu (29/11/2023). Pada peringatan tersebut, jajaran ASN didorong meneguhkan netralitas dan  profesionalisme dalam pelayanan kepada masyarakat.

Upacara Hari KORPRI yang  diperingati setiap tanggal 29 November mengusung  tema "Korprikan Indonesia". Tema ini dipilih agar para anggota Korpri bisa lebih bersemangat dalam bekerja dan berkontribusi  melayani kepentingan publik demi tercapainya pembangunan nasional.
Turut dilakukan penandatanganan kesepakatan netralitas ASN pada Pemilu 2024 oleh Sekretaris Daerah Kota Cimahi, para Asisten, Staf Ahli dan seluruh Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Daerah Kota Cimahi. Selain itu, juga dilakukan pemberian penghargaan kepada ASN teladan dan ASN berprestasi. 

Dalam sambutannya, Pj. Wali Kota Cimahi Dicky Saromi menyampaikan bahwa Korpri adalah wadah yang terdiri atas ASN, untuk ASN, dan oleh ASN. "Oleh karena itu, Korpri memiliki peran dalam mendukung ASN melaksanakan tugas-tugasnya sebagai penyelenggara negara," ujarnya.

Tujuan dari peringatan ke-52 tahun Korpri yaitu mengajak anggota Korpri di seluruh Indonesia untuk meneguhkan netralitas dan profesionalisme serta meningkatkan kinerja terutama di bidang pelayanan publik dan kepedulian seluruh anggota korpri terhadap masyarakat; meningkatkan netralitas dan semangat profesionalisme kepada seluruh ASN; memantapkan fungsi organisasi Korpri sebagai perekat pemersatu bangsa dalam mendukung pembangunan nasional; dan  meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani, meningkatkan kepedulian sosial dan lingkungan.

"Tantangan kita tidak semakin mudah kedepannya, melihat perkembangan eksternal yang ada di Kota Cimahi sangat dinamis. Oleh karena itu, penting sekali untuk kita selalu menjaga kekompakan, kebersamaan.  Lebih pentingnya menjaga etos kerja dan semangat untuk memberikan pengabdian yang terbaik termasuk 3 fungsi ASN yang harus dikedepankan yaitu sebagai pelayan publik, pemersatu bangsa dan pelaksana kebijakan," ungkapnya.

Dicky juga mengingatkan,  memasuki tahun politik 2024, netralitas ASN menjadi perhatian publik. "Saya tekankan bahwa sebagai seorang ASN kita dituntut netral dan harus bebas dari segala bentuk pengaruh manapun dan tidak memihak pada kepentingan siapapun. Fungsi ASN sebagai pemersatu bangsa sangatlah identik dan selaras dengan yang akan kita hadapi di tahun 2024  yaitu Pemilu. Pesan saya bahwa ASN harus bisa menunjukan bahwa kita berdiri di semua golongan dan tetap mengedepankan kebersamaan dan persatuan bangsa. Harus kita wujudkan dalam keseharian kita, diantaranya tidak menyebarkan berita Hoax, bohong, tidak saling menekan dan mempengaruhi dan tidak berpihak pada kepentingan tertentu," tandasnya.**